Kekuatan umat muslim

Jumat, 29 Oktober 2010

Pupuk Karakter lewat Pelatihan PDF Print
Thursday, 28 October 2010
SEJATINYA karakter tidak hanya meliputi faktor kognitif,tapi juga erat berhubungan dengan aspek afektif dan motorik. Karakter seperti kepemimpinan tentunya tidak bisa diajarkan lewat teori yang diberikan kepada siswa.Sementara siswa tinggal menerimanya begitu saja.
Namun, melatih jiwa kepemimpinan dilakukan melalui kegiatan praktik yang dijalani sebagai sebuah proses yang bertahap dan membutuhkan proses yang panjang sehingga jiwa kepemimpinan erat melekat dalam diri siswa. “Tetapi saya melihat sebagian besar institusi pendidikan yang ada hanya melatih siswa untuk menjadi profesional dan bukan menjadi pemimpin,”kata pengamat pendidikan Hanif Saha Ghafur.Karena kepemimpinan tidak bisa didapat lewat mengenyam teori saja, Hanif memandang perlunya kegiatan yang dapat menumbuhkan rasa kepemimpinan. Sebut saja kegiatan outbound yang dapat memupuk jiwa kepemimpinan serta menggalang kerja sama tim.“Nurturing characterbisa dilakukan lewat kegiatan outdoor dengan bermain atau melakukan outbound,” ungkap Hanif.
Dikatakan Hanif,karena karakter tidak dapat ditanamkan dengan metode pengajaran saja,maka sekolah pun selayaknya menumbuhkan sikap kepemimpinan siswanya dengan latihan yang kuat. Sebab, pemimpin dengan karakter yang kuat bukan didapat lewat pengajaran,tapi dengan dilatih. Hanif juga mengatakan, pendidikan karakter yang tepat hendaknya mampu menjadikan siswa menjadi individu yang cerdas, bermutu, kompetitif, dan memiliki prestasi yang membanggakan. “Siswa sebaiknya memiliki pemahaman bahwa sukses tidak bisa diraih tanpa kompetisi,” kata Hanif mengakhiri pembicaraan. (sri noviarni)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar